Mengapa Wajib Mengisi Bahan Bakar Sampai Penuh?

 

 

 

 

Kebiasaan pengendara untuk mengisi bahan bakar di menit-akhir atau tidak mengisi penuh dapat menyebabkan efek samping jangka panjang jika membiarkan bahan bakar minimum.

Dengan minimnya volume bahan bakar yang tersedia, pompa bahan bakar tidak berada dalam posisi yang terendam dan kecenderungannya tidak terendam akan semakin besar saat mobil bermanuver.

Meskipun desain tangki bahan bakar pada mobil modern seperti sekarang ini telah memiliki banyak sekat yang terdapat di dalamnya. Hal ini tentu saja masih tetap berbahaya bagi pengendara maupun mobil.

Mesin mobil bisa berhenti secara tiba-tiba karena terputusnya asupan bensin dan tidak menutup kemungkinan akan tertabrak oleh kendaraan yang tepat berada di belakang.

Dampak buruk lainnya yang juga bisa ditimbulkan adalah hadirnya air yang terdapat di di dalam tangki bahan bakar akibat terjadinya kondensasi.

Tangki yang tidak terisi penuh akan menyebabkan ruang kosong di dalamnya semakin luas sehingga menyebabkan terjadinya proses kondensasi semakin lebih mudah, terutama untuk tangki bahan bakar pada mobil yang masih terbuat dari material besi.

Wajar jika kemudian hal ini membuat mayoritas para produsen mobil modern kini mulai membuat tangki bahan bakar yang terbuat dari material plastik untuk mereduksi terjadinya proses kondensasi.

Sumber : Otosia.com