TIPS BERKENDARA DI JALAN TOL

Jalan Tol saat ini menjadi jalur alternatif yang menjadi pilihan masyarakat menghindari kemacetan di jalan atau jalur kota, dan tentunya mempersingkat waktu tempuh apabila berpergian melewati jalan perkotaan. Saat ini wilayah Semarang dan sekitarnya memiliki jalur Jalan Tol yang menghubungkan jalur Pantai Utara (pantura) dengan jalur Selatan di Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah. Jalan beton, jalur yang berkelok-kelok, jarak tempuh yang panjang, tentunya wajib kita persiapkan sebelum “mejajajal” jalur Jalan Tol ini. Berikut tips sebelum dan berkendara di jalan tol.

1. Pastikan kondisi dalam kendaraan baik, kondisi mesin, pengereman, radiator dan lampu penerangan.

2. Pastikan ban dalam kondisi sempurna, permukaan jalan baru umumnya masih dilapisi oleh material kasar, seperti sisa beton atau aspal, kondisi ban yang aus berpotensi mengurangi performa laju dan pengereman.

3. Jaga jarak dengan kendaraan didepan selain berpatokan dengan jarak minimal 100 m, tetapi juga ditambah dengan waktu 3 detik, karena ini adalah waktu ideal untuk reflek menghindar atau mengurangikecepatan.

4. Perhatikan spion kiri ”“ tengah ”“ kanan untuk bermanuver mendahului atau untuk mengontrol jarak dengan kendaraan lain.

5. Jalan Tol baru selalu menyenangkan, namunkarakter pengemudi pun bermacam macam, antisipasi dengan memperhatikan ramburambu yang ada.

 

Selamat Berkendara.