Ternyata AC Mobil Mematikan Lho

 

 

 

Lelah akan aktivitas kerja maupun letih di perjalanan yang keseharian nya menggunakan mobil pasti langkah yang tepat adalah tidur untuk menghilangkan rasa ngantuk yang sangat berat. Hal tersebut perlu dilakukan karena sangatlah berbahaya jika mengendarai dalam kondisi tidak fit dan kelelahan dapat beresiko kecelakaan.

Namun ternyata tidur dalam mobil dalam kondisi mesin dan AC menyala bisa mematikan lho. Mungkin Anda pernah mendengar kejadian yang menimpa seseorang meninggal akibat keracunan saat tertidur dalam mobil dalam kondisi AC menyala. Mengapa bisa demikian ??
 
Berikut Kepala Bengkel Suzuki SIliwangi Bp. Ferry Ardian menuturkan awal muasal adanya kasus meninggalnya seseorang ketika mesin menyala dan AC hidup adalah efek dari karbon monoksida (CO) di Mesin mobil, karbon monoksida dapat keluar dalam kabin mobil akibat dari pembuangan pipa yang tidak dirawat dengan baik.
 
Bapak Ferry Ardian menyampaikan, disaat Kita menghidupkan AC dalam kondisi mobil tidak jalan dan kaca mobil tertutup sepenuhnya maka sirkulasi udara tidak berjalan dengan baik. Maka gas karbon monoksida lama kelamaan akan mengumpul dalam kabin mobil maka bila terhirup bisa mengakibatkan kematian.
 
Lalu oksigen kenapa bisa cepat hilang, secara logika itu disebabkan karena karbon monoksida yang sangat cepat mengikat gas O². Maka kita akan kehilangan oksigen, sehingga darah akan terhenti dan tidak dapat mengalirkan keseluruhan tubuh terutama jantung, paru-paru dan otak. Kita seperti kehilangan kesadaran dan akhirnya bisa terjadi kematian. Bahaya sekali ya...
 
Lalu apakah semua mobil bisa terjadi seperti itu, jawab Bapak Ferry " tidak..!! "
 
Biasanya sering terjadi kebocoran pipa gas pembuangan dan akan masuk dalam kabin hanya terjadi pada mobil mobil tua kebanyakan. Pasti sudah terdapat banyak karat di knalpot maka CO² akan masuk. Kalau mobil baru sih aman-aman saja asalkan terawat, sehingga kita mau didalam kabin mobil berjam-jam tidak menjadi masalah.
 
Namun bila ingin aman tidur dalam mobil, ada baiknya membuka sedikit kaca mobil supaya ada sirkulasi udara yang masuk dalam kabin. Serta bilamana kita perjalanan jauh keluar kota wajib membuka kaca jendela setiap dua jam, supaya kabin mobil terjaga kualitas udaranya agar makin baik dan seimbang bagi tubuh kita.